Kamu pasti pernah melihat hastag atau tagar di bagian kolom deskripsi unggahan sosial media. Pada dasarnya simbol tagar ini memang digunakan untuk mengategorikan suatu hal. Simbol tagar “#” memiliki bentuk yang menyerupai pagar dan biasa diletakkan di depan kata.
Contoh tagar seperti #Indonesia atau #informasi bisa diletakkan di setiap unggahan kamu. Nanti, simbol tersebut akan muncul di kolom pencarian sebagai tanda pengenal. Bahkan, simbol tagar di sosial media juga digunakan sebagai kata kunci untuk menemukan informasi.
Pengertian Hastag Adalah
Apa itu hastag? Sederhananya, hastag adalah klasifikasi atau penggolongan data yang diunggah di internet. Baik itu di sosial media, blog hingga situs informasi SEO, semua bisa menggunakan simbol tagar. Pada saat simbol digunakan, unggahanmu masuk di salah satu hasil pencarian berklasifikasi.
Mesin pencari juga menggunakan simbol tagar untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Di setiap hasil pencarian, kamu akan menemukan unggahan yang menggunakan tagar serupa. Tagar bisa jadi kata kunci, klasifikasi serta pusat informasi, tergantung cara kamu menggunakannya.
Sejarah Awal Mula Penggunaan Hastag di Sosial Media
Penggunaan tanda tagar atau yang lebih dikenal dengan sebutan hastag di sosial media memang sudah tak asing lagi. Namun, tahukah kita akan sejarah penggunan hastag tersebut? Bagaimana awal mulanya?
Pada umumnya, hastag atau tagar dengan simbol “#” digunakan pada sosial media untuk memudahkan pencarian informasi dengan topik yang lebih spesifik.
Dikutip dari Lifewire.com, awal mula penggunaan hastag digunakan pada tahun 1998 di sebuah platform website bernama IRC atau Internet Relay Chat. Pada saat itu,hastag hanya digunakan sebatas tanda bantu untuk memudahkan dalam mengelompokkan informasi berupa pesan, gambar dan video dalam satu katagori khusus.
Kemudian pada akhirnya, dari ide tersebut ternyata hastag dapat digunakan untuk menemukan konten yang lebih relevan melalui pencarian hastag tertentu.
Kemudian tercatat dalam sejarah jejak digital, pada awal Oktober 2007 bernama Nate Ridder berasal dari San Diego, California menambahkan tagar pada konten unggahannya pada sebuah blog dengan membuat tagar #sandiegofire.
Dengan tujuan agar banyak orang diseluruh dunia mengetahui peristiwa kebakaran hutan yang terjadi di California saat itu.
c tanda hastag pada artikel postingannya yang diunggah 2007 lalu. Diketahui, satu -satunya postingan artikel dari Store Boyd lah yang menggunakan tanda tagar di mesin penelusuran Google pada saat itu.
Barulah pada Petengahan tahun, Juli 2009 tanda hastag secara resmi diadopsi oleh media sosial ternama bernama Twitter. Sejak saat itu, segala cuitan apa saja yang dipublikasikan dipastikan didepannya terdapat smbol “#”.
Kemudian, banyak pengguna twitter menggunakan hastag tersebut untuk membuat semacam katagori khusus disetiap postingan yang dibuat.
Dari sanalah muncul ide bagi Twitter untuk mengembangkan fitur “Trending Topic” menggunakan tanda hastag dengan menampilkan postingan populer di seluruh dunia bahkan dapat dikelompokkan untuk setiap negara di dunia.
Sejak saat itupun, penggunaan tanda hastag semakin familiar dan pada akhirnya digunakan oleh beberapa platform media sosial seperti Week, Instagram, Pinterest, Facebook, Youtube dan lainnya.
Bahkan, penggunaan tanda tagar dewasa belakangan ini dipergunakan sebagai untuk menyuarakan isu gerakan sosial, ajakan solidaritas, isu politik, sebagai bentuk aksi protes atau dukungan kepada kelompok tertentu dan sebagainya.
10 Jenis – Jenis Hastag di Media Sosial dan Contoh Hastag
Setidaknya ada lima jenis – jenis hastag di media sosial yang perlu di ketahui terutama bagi pelaku bisnis, diantaranya:
1. Hastag Trending
Hastag tranding adalah hastag yang menempati urutan teratas pada sebuah platform sosial media tertentu. Trending hastag juga sering disebut dengan hastag populer. Pada umumnya agar sebuah tagar atau hastag menjadi trending hingga menempati urutan teratas diperlukan orang banyak untuk membuat tagar serupa dalam kurun waktu bersamaan, paling tidak dalam 30 menit pertama.
Hastag tranding pada umumnya akan menyesuaikan dengan kondisi terkini atau peristiwa saat ini yang sedang berlangsung.
Contoh hastag tranding:
#savejogja #17agustusan #semarak17an #banjir
2. Hastag Konten
Hastag konten sering digunakan oleh banyak konten creator atau juga digunakan oleh pelaku bisnis yang bertujuan untuk menjangkau audiens baru atau untuk mempertahankan konten yang dibuatnya agar tetap eksis.
Contoh hastag konten:
#tutorialyoutube #tutorial #masakapahariini #kabarviral
3. Hastag Branded
Sesuai dengan namanya, hastag branded adalah hastag yang digunakan oleh perusahaan besar atau pelaku bisnis yang digunakan agar audiens mengenal produk mereka. Hastag ini seringkali menjadi ajang promosi dan sering digunakan pada saat event sedang berlangsung, misalnya pada saat produk akan segera / sedang launching.
Contoh hastag branded:
#taskulit #jaketkuliterbaik #jamcasio
4. Hastag Umum
Hastag umum seringkali digunakan oleh kebanyakan orang. Penggunaan hastag ini tidak untuk kepentigan apapun, jadi hanya berisikan postingan biasa. Namun biasanya dibuat lebih spesifik menyesuaikan dengan isi konten postingan.
Contoh hastag umum:
#blogger #jurufoto #tempatwisatakeren #jogjakeren
5. Hastag Khusus
Penggunaan hastag khusus ini bertujuan untuk menerangkan hal – hal yang lebih spesifik. Dapat digunakan oleh siapa saja. Biasanya, tagar khsusu ini hanya dibuat satu atau dua kata saja.
Contoh hastag umum:
#fotografer #blogger #hujan #pernikahan #savemantan
6. Hastag Komunitas
Hastag komunitas ini lebih cenderung digunakan oleh komunitas tertentu dan lebih sering ditemukan di sosial media instagram karena biasanya dipergunakan untuk menjelaskan suatu kegiatan yang ada pada foto dan video.
Contoh hastag komunitas:
#komunitassepedaontel #komunitasvespaklasikjogja #komunitasbloggerjogja
7. Hastag Lokasi
Hastag lokasi akan memungkinkan untuk membuat tagar yang lebih spefisik berdasarkan lokasi tempat tinggal dengan kombinasi tagar lainnya.
Contoh hastag lokasi:
#kumpulbarengtemendihotelseraton #berwisatadialunalunjogja #gudegjogjaenakbanget
8. Hastag Acara
Hastag acara ini digunakan pada saat peristiwa atau kegiatan yang sedang terjadi sekitar kita. Itu artinya, yang bersangkutan membuat postingan ikut merasakan langsung apa yang sedang terjadi saat ini atau peristiwa yang akan datang.
Contoh hastag acara:
#jumatberkahdinikahanmantan #jogingsantuydicarfreedayjakarta
9. Hastag Perayaan
Jenis hasgtag yang satu ini cukup jelas penggunaannya untuk menandakan peristiwa perayaan tertentu yang sedang berlangsung hari ini juga.
Contoh hastag perayaan:
#selamatharibumi #natal2022 #lebaran 2024 #haripenyusedunia
10. Hastag Industri
Hampir mirip dengan hastag bisnis, namun hastag ini biasnaya digunakan sekelas perusahaan atau mereka yang memiliki hak merk tertentu dalam dunia industri. Penggunaannya bersifat umum hanya terdiri dari 1 kata, namun menerangkan secara generalisasi.
Contoh hastag industri:
#food #travel #laptop #gadget #smartphone
Bagaimana Hastag Bekerja di Setiap Unggahan?
Cara kerja simbol tagar itu simpel, karena konsepnya mirip dengan kata kunci di internet. Simbol tagar digunakan untuk mengklasifikasikan suatu unggahan agar masuk ke dalam hasil pencarian. Klasifikasi itu bisa dibuat sendiri atau mengikuti tren yang sudah tersedia sebelumnya.
Ketika mengikuti tren yang sudah ada, maka hasil unggahanmu akan masuk dalam klasifikasi tren tersebut. Sehingga, unggahan akan muncul di setiap hasil pencarian secara otomatis. Cara kerja hastag hanya mengklasifikasikan dan memasukkan unggahan ke dalam katalog pencarian.
Di sisi lain, bagi audiens tagar digunakan untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya. Hal ini berhubungan dengan klasifikasi yang sudah dilakukan oleh pengunggah sebelumnya.
Contoh penerapannya, kamu menggunakan klasifikasi #Indonesia di dalam deskripsi unggahan.
Nantinya audiens bisa menggunakan hastag #Indonesia untuk menemukan informasi yang dicari. Hasil pencarian itu beragam jenisnya, bisa berbentuk artikel, video, foto atau lagu. Selama tagar itu digunakan, maka hasil pencariannya akan terus menunjukkan klasifikasi yang sama.
Manfaat Hastag di dalam Unggahan Content
Dengan memperhatikan cara kerja yang ada, tagar ini memang dijadikan sebagai simbol khusus. Semua orang dapat menggunakannya, namun mereka juga harus memikirkan efeknya nanti.
Di bawah ini ada beberapa manfaat hastag di dalam unggahan content yang bisa kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:
1. Mengklasifikasikan
Tentu saja manfaat hastag yang utama ialah mengklasifikasikan hasil unggahan. Baik itu sosial media atau artikel di media, tagar dimanfaatkan untuk menjadi kata kunci pencarian. Dengan cara ini, audiens jadi lebih mudah dan cepat dalam menemukan informasi.
2. Branding
Simbol tagar juga dapat dimanfaatkan untuk branding perusahaan dan produk. Dengan iklan yang diunggah ke internet, kamu bisa membangun klasifikasi tagar sendiri. Konsumen dapat menggunakan tagar tersebut untuk mengetahui produk yang diproduksi oleh brand.
3. Ikuti Trend
Beberapa orang memanfaatkan hastag untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung. Cara ini dapat meningkatkan traffic audiens karena tren tersebut tengah berlangsung. Pengguna internet lebih tertarik dengan topik yang ramai diperbincangkan oleh bayak orang.
4. Menargetkan Audiens
Uniknya simbol tagar tidak hanya digunakan sebagai klasifikasi informasi saja. Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menargetkan audiens agar unggahan bisa tepat sasaran. Contoh di sini target produk kamu ialah remaja, maka tagar yang digunakan ialah produk remaja.
5. Melengkapi Deskripsi
Terakhir, simbol tagar dapat digunakan untuk melengkapi kolom deskripsi unggahan. Dengan menuliskan tagar di deskripsi, kamu bisa buat unggahan jadi lebih lengkap dan terstruktur. Di Instagram, Twitter, Facebook hingga blog, hastag pasti selalu dituliskan di kolom deskripsi.
Fungsi Hastag di dalam Unggahan Content
Secara garis besar, fungsi hastag digunakan untuk penanda dalam postingan yang berkaitan menyesuaikan dengan topik tertentu. Namun, ada beberapa fungsi hastag lainnya yang perlu diketahui karena memiliki peran sangat penting dalam digital marketing, diantaranya sebagai berikut:
1. Sebagai Tanda Dukungan Kepada Topik Tertentu
Fungsi hastag meliputi banyak hal salah satunya untuk memberikan dukungan kepada orang lain atau kepada permasalahan tertentu yang sedang viral. Misalnya saja memberikan dukungan kepada perempuan yang mengalami kekerasan KDRT.
2. Memperluas Konteks di Media Sosial
Ketika kita menuliskan status di media sosial tentu saja tak banyak kata yang dapat kita tuliskan untuk memperjelas pesan yang ingin kita sampaikan. Namun, dengan adanya hastag seakan mempermudah kita dalam menyampaikan sesuai melalui tagar yang disampaikan secara singkat.
3. Meningkatkan Followes
Bagi yang ingin menambah followes sosial media ada baiknya untuk memanfaatkan fungsi hastag yang satu ini. Dengan membuat hastag dalam setiap status content yang kita publikasikan, maka secara tidak langsung akan membuat orang lain lebih menemukan content apa saja sesuai dengan apa yang mereka cari. Ada kemungkinan besar status mu atau konten yang telah diupload akan ditemukan orang lain dengan cara yang mudah.
4. Membantu Audiens Menemukan Brand yang Diinginkan
Fungsi hastag juga dapat diibaratkan layaknya seperti channel youtube. Jadi, ketika kita subcribe atau mengikuti channel tersebut maka pada saat ada pembaruan content kita dapat melihatnya di beranda. Maka dari itu, gunakan hastag ini sebaik – baiknya.
5. Digunakan Untuk Promosi Lintas Platform
Fungsi hastag lainnya juga dapat digunakan sebagai alat promosi lintas platform sosial media. Caranya dengan menyertakan hastag serupa pada setiap posting yang kita buat. Bahkan seperti sosial media Instagram dan Facebook cukuplah kita membuat status di salah satunya saja, maka postingan kita akan dipublikasikan pada kedua media sosial tersebut. Dengan catatan kita telah membuat pengaturan untuk menghubungkan akun kedua media sosial tersebut.
7 Cara Mencari Hastag Trending di Sosial Media
Hastag di ibaratkan seperti label produk yang mempermudah pengguna sosial media mencari content atau topik bahasan sesuai dengan minat.
Selain itu, jika kamu menggunakan sosial media untuk menghasilkan uang dari internet dan ingin memaksimalkan fungsi hastag agar bisnis lebih berkembang maka ada baiknya memanfaatkan beberapa tool riset hashtag berikut ini:
1. Topsy
Topsy adalah mesin pencari online yang dapat digunakan untuk mencari tanda tagar, posting, percakapan, tweet dan content lainnya yang diterbitkan di twitter dan situs web berita. Hasil pencariannya dapat diurutkan berdasarkan relevansi atau tanggal postingan.
2. Hastagify
Cara mencari hastag berikutnya yakni dengan menggunakan tools riset hastag bernama Hastagify yang sangat mudah digunakan dengan hasil pencarian berdasarkan hastag relevan seusai kata kunci yang kita ketik.
3. AgaraPulse
Platform manajemen media sosial yang satu ini cukup sederhana digunakan yang bergunakan untuk menganalisa tagar dan menampikan semua postingan yang terintegrasi dengan media sosial mana saja.
4. Hootsuite
Hootsuite merupakan platform website yang memungkinkan bagi penggunanya untuk mengelola banyak profile akun sosial media secara bersamaan dan mengalanisa kampanye yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil pencarian platform ini akan memberikan data hastag, postingan, profile pengguna dan sebagainya.
5. Sosial Mention
Adapun cara mencari hastag trending yakni dengan menggunakan tools bernama sosial mention. Kegunaannya, tools ini dapat melacak dan menganalisa dari setiap hastag berdasarkan kata kunci, topik, merk dan kampanye secara realtime atau setiap saat.
6. Brand24
Hastag Tools yang satu ini dapat kita gunakan untuk melacak dan menganalisa hastag di sosial media. Bahkan dapat digunakan untuk menganalisa dan mencari hastag trending di website, blog dan forum diskusi online. Cukup baik digunakan karena saya sendiri menggunakan tools hastag ini.
7. Tagboard
Dan yang terakhir, cara mencari hastag lainnya dapat menggunakan tools Tagboard yang merupakan layanan web gratis dengan fungsi untuk mencari tagar di beberapa jejaring sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok dan lainnya secara bersamaan. Input saja kata kunci maka kamu akan mendapatkan datanya dengan tampilan dinamis.
Hastag Twitter
Hastag twitter berfungsi untuk menghubungkan percakapan antara satu pengguna ke pengguna lainnya menjadi satu kumpulan layaknya label atau katagori khusus. Namun, jika pengguna tidak menggunakan hastag, mereka juga akan tetap terhubung ke label khusus tanpa menggunakan hastag.
Hastag Twitter populer akan muncul pada laman trending twitter pada sisi sebelah kanan untuk tampilan dekstop. Selain itu, kamu juga dapat mencari hastag twitter yang lebih spesifik melalui kolom pencarian.
Hasil pencarian tersebut nantinya terbagi menjadi beberapa katagori hastag twitter, diantaranya sebagai berikut:
1. Hastag Top
Top yakni sekumpulan hastag twitter yang paling banyak interaksi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Pada umumnya hastag top ditempati jenis hastag brand yang menempati posisi paling Top atau mereka yang memiliki banyak followers.
2. Hastag Latest
Hastag latest ini berikan sekumpulan tanda tagar yang terdiri dari tweet terbaru dari semua pengguna.
3. Hastag People
Berisikan hasil pencarian tweet teratas yang dapat kita ikuti berdasarkan akun twitter dengan jumlah followers tertinggi.
4. Hastag Photos
Hastag photos merupakan tagar yang memuat sekumpulan tweet yang mencantumkan foto.
5. Hastag Videos
Bagi mereka yang mencantumkan video pada postingan tweetnya dan menggunakan tanda tagar, maka akan ditampilkan di dalam pencarian hastag videos.
Hastag Instagram
Tak jauh bedanya dengan hastag twitter, hastag instagram pun berfungsi untuk menghubungkan antar pengguna satu dengan yang lainnya. Jika pengguna instagram menggunakan hastag yang sama, maka post mereka akan muncul pada kelompok hastag tersebut.
Hastag intagram pun terbagi menjadi beberapa katagori, diantaranya:
1. Related post
Berisikan sekumpulan hastag yang masih berkaitan dengan kata kunci relevan atau berupa sinonim kata.
2. Top Post
Menampilkan sekumpulan hastag dengan engagement atau keterikatan antara post dari seseorang atau pemilik brand yang memiliki peran penting atau mereka yang memiliki banyak follower.
3. Most Recent
Hastag intagram yang satu ini berisikan postingan instagram terbaru dari semua orang yang menuliskan hastag pada status mereka.
Hastag Linkedln
Hastag pada sosial media Linkedln sangat membantu untuk menemukan topik tertentu atau minat yang paling releban dengan penggunanya. Tak ada katagori khusus pada hastag Linkedln, namun pada dasarnya fungsi hastag pada platform ini sama halnya dengan tanda tagar pada jejaring sosial media lainnya.
Hastag Linkedln dapat digunakan disemua postingan apa saja berupa video, artikel, dokumen, status text dan lainnya. Selain itu, kita juga dapat menempatkan tagar di dalam komentar atau di dalam artikel.
7 Cara Menggunakan Hastag Yang Tepat
Jika kamu hendak menggunakan hastag untuk keperluan bisnis, menambah followers atau untuk keperluan lainnya, sebaiknya tidak mengabaikan beberapa point berikut ini:
1. Perhatikan Kompetitor
Disarankan untuk melakukan peninjauan dan analisa data pada kompetitor atau influencer yang menggunakan tagar serupa. Dapatkan banyak informasi tentangnya misalnya konten yang diupload, seberapa banyak yang memberikan tanggapan komentar, like dan lainnya.
Selain itu, lihatlah seberapa banyak jumlah hastag tersebut digunakan disetiap postingan. Tujuannya untuk mempelajari kompetitor dan mengetahui seberapa sering mereka menggunakan hastag tersebut.
2. Hindari Penggunaan Hastag Berlebihan
Cara menggunakan hastag yang tepat tidak lain adalah dengan membuat tanda tagar seperlunya saja yang disesuaikan dengan topik konten.
Artinya, jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak tanda tagar apalagi tidak relevan dengan konten yang kamu publikasikan. Efeknya akan mempersulit audiens ketika melakukan pencarian. Cukup gunakan 3 hingga 4 hastag dalam setiap postingan.
3. Lakukan Analisa Terlebih Dahulu
Mulai saat ini stop menggunakan sembarangan hastag jika bisnismu ingin dikenal luas atau jika kamu ingin mendapatkan banyak follower. Gunakan hastag tools yang telah saya sampaikan di atas untuk mencari hastag yang sesuai dengan topik bahasan yang kamu minati.
4. Optimalkan Penggunaan Tagar yang Relevan
Penggunaan hastag yang tepat yakni dengan memilih hastag yang sesuai dengan konten dan disarankan lebih spesifik. Namun, tak ada salahnya kamu menggunakan 1 atau 2 hastag yang sedang populer agar terhubung dengan audiens yang lebih luas.
5. Tempatkan Hastag dalam Profile atau Bio Deskripsi
Selanjutnya cara menggunakan hastag yang tepat yakni dengan menempatkan tanda tagar pada bagian dalam profile dan deskripsi biografi singkat. Sangat berkemungkinan besar audiens baru akan mengklik hastag tersebut dan menemukan konten ada di sekumpulan hastag tersebut.
6. Posting Pada Waktu yang Tepat
Waktu publikasi postingan juga turut menentukan keberhasilan impresi atau akan mengundang respon pengguna lain terhadap postingan kita. Cobalah untuk melakukan analisa terhadap tanda tagartrending atau tagar Top. Barangkali kamu dapat memanfaatkan momen trending tersebut untuk meningkatkan engagement rate suatu postingan.
7. Gunakan Hastag Yang Singkat
Berikutnya cara menggunakan hastag yang tepat disarankan untuk menggunakan hastag yang singkat paling tidak 1 hingga 2 kata saja. Alasannya, hastag yang terlalu panjang biasanya memiliki volume pencarian yang kecil, tidak begitu populer, sulit diingat dan jangakauan audiens yang sempit.